Wednesday, July 2, 2008

Heri Kartono (di Minnesota, USA)




JALAN-JALAN DI DANAU POTATO

Musyawarah dan Kapitel Krosier Propinsi St.Odilia, Amerika Serikat, berlangsung dari 15 hingga 27 Juni di Onamia, Minnesota. Cfr. Tom Carkhuff yang sudah 9 tahun menjadi propinsial, terpilih kembali dengan suara lebih dari 2/3 (sesuai aturan yang berlaku). Tom akan memimpin Krosier untuk 3 tahun ke depan.

Acara Musyawarah dan Kapitel berlangsung padat. Sesudah makan siang, jam 13.45 acara sudah dimulai lagi. Berat untuk yang biasa tidur siang! Dari Papua, hadir Virgil Petermeier dan Frans Guna yang belum lama menyelesaikan studinya di Universitas Angelicum, Roma.

Week End tentu saja merupakan saat-saat yang menyenangkan. Jumat malam, ada undangan Gala dan Lelang barang-barang kesenian Asmat di rumah Topsy Simonson, jutawan dari Minneapolis. Acaranya menarik, ada musik, makanan serta minuman serba enak dan berlimpah hanya sedikit kelewat formal. Memang, para undangan juga datang dengan pakaian “pesta”.

Sabtu siang, bersama James Hentges berangkat ke Lake Potato. Dari Onamia sekitar 2 jam dengan mobil kearah Canada. Untung James dapat pinjaman mobil dari Kermit Holl. Di Danau Potato, kakaknya James, Dick Hentges, punya satu Villa musim panas yang besar dan bagus. Villanya terletak persis di pinggir danau. Bagian yang mengarah ke danau, dibuat dari kaca besar, sehingga kita bisa menikmati pemandangan danau dengan leluasa.

Sore hari kami jalan-jalan keliling danau, naik boat. Boat milik kakak James ini baru dibeli setahun yang lalu, masih kelihatan bersih dan bagus. Bagian dasar di-alasi karpet khusus tahan air. Boat ini diperlengkapi dengan komputer mini. Lewat layar, kita bisa mengetahui kedalaman danau, temperatur air, banyaknya ikan yang ada di sekitar Boat dan tentu saja petunjuk arah. Suara mesin amat halus. Oya, sound-systemnya juga canggih, cocok untuk memutar musik-musik ringan. Carol, istri Dick, sudah menyiapkan makanan dan minuman dari rumah. Saya pilih Gin dengan tonic dingin, katanya cocok untuk musim panas. Yang pasti memang enak, meski sedikit bikin kepala goyang.

Malam hari, sesudah makan, kami nonton film RONIN, dibintangi Robert de Niro dan Jean Reno. Film ini jenis thriller, dibuat tahun 1998, kebetulan saya belum nonton sebelumnya. Asyik juga. Carol tidak ikut nonton. Dia pilih baca E-mail di komputernya.

Week End yang menyenangkan. (Catatan Pribadi, Onamia, 22 Juni 2008).

2 comments:

Rosiany T.Chandra said...

Gayanya sudah seperti pemilik boat deh..
Lagipula pose anda kelihatan menikmati sekali ya...

Selamat!

Heri Kartono said...

Sekali-kali berlagak orang kaya!!
Tapi boat-nya emang enak untuk disetir, lagian danaunya nyaris tanpa ombak.
Berminat ikut?
HK.