Friday, December 26, 2008

Natal Vatikan 2008 (2)


Pohon Natal Tertinggi 

Sebagaimana Natal tahun-tahun sebelumnya, lapangan Vatikan dilengkapi dengan kandang Natal istimewa serta pohon Natal. Tradisi ini dimulai sejak masa Paus Yohanes Paulus II pada tahun 1982 hingga kini. Pohon Natal yang dipasang biasanya merupakan sumbangan dari daerah atau negara yang berbeda-beda. Tahun ini pohon Natal berasal dari daerah Lower, Austria Selatan. Menurut catatan, pohon setinggi 33 m ini merupakan pohon Natal tertinggi yang pernah menghiasi lapangan Santo Petrus. Sebuah sumber menyatakan bahwa pohon ini berusia 120 tahun!

Pohon Natal raksasa ini dilengkapi 2000 hiasan berupa bola-bola berwarna kuning emas, perak, putih serta sebuah hiasan berbentuk bintang besar. Pada saat upacara pembukaan resmi untuk umum oleh Kardinal Giovanni Lajolo (13/12/08), ratusan peziarah dari Lower Austria, dipimpin Erwin Proll, gubernurnya, turut hadir serta menyanyikan lagu-lagu gembira. Sehari sebelumnya, rombongan dari Austria Selatan ini diterima oleh Paus Benediktus XVI. Dalam kesempatan tersebut, Paus mengucapkan terima kasih atas sumbangan pohon sambil mengatakan bahwa ia menikmati pemandangan pohon Natal tersebut dari jendela apartemennya.

Sebuah sumber di Vatikan menyatakan bahwa  sesudah masa Natal berakhir, pohon setinggi 33 m tersebut akan dimanfaatkan untuk membuat pelbagai mainan anak-anak.

Selain pohon raksasa tersebut, rakyat Austria juga menyumbang 40 pohon serupa dalam ukuran lebih pendek. Pohon-pohon tersebut dipasang di seputar istana Apostolik, Auditorium Paulus VI serta di sekeliling perkantoran Kuria Romana. Dengan demikian, lengkaplah kesemarakan suasana Natal di Vatikan tahun ini.

Heri Kartono, OSC. (Disatukan dgn artikel utama, dimuat di HIDUP, 04/01/09)

 

 

1 comment:

Rosiany T.Chandra said...

Pikir2 sayang juga ya ,pohon usia 120 tahun ditebang begitu saja.Masa 120 tahun sudah berganti berapa Paus ya?
Ck...ck...ck