Friday, September 5, 2008

Paulus Sundaru


MELESTARIKAN KEBAIKAN

“Pak Sundaru, ini uang dari keluarganya Pastor Van der Pol, OSC. Tolong bagikan untuk orang-orang miskin ya!”, begitu ujar Pastor Limijarta Pr sambil menyerahkan uang senilai 36 juta rupiah. Jan van der Pol adalah pastor paroki Ciledug-Cirebon. Ia dikenal amat memperhatikan umat yang tak mampu dan kerap memberi bantuan, semasa hidupnya.

Saat menerima uang tersebut, Paulus Sundaru berkata: “Apakah boleh saya lestarikan dana ini sehingga bantuan kepada orang miskin dapat terus berlanjut?”, kata Sundaru spontan. Pastor Limijarta akhirnya menerima gagasan Sundaru setelah mendengar penjelasan serta rencana Sundaru dengan uang tersebut. Menurut Sundaru, membagi-bagi uang itu gampang. Namun, menurutnya, akan lebih bermanfaat bila uang tersebut dikelola serta dijadikan modal untuk berbuat kebaikan.

Bersama beberapa tokoh Katolik paroki Ciledug, Sundaru kemudian membentuk Yayasan Sosial Van Der Pol. Tujuan yayasan ini adalah membantu orang-orang yang tak mampu, khususnya di wilayah paroki Ciledug-Cirebon, sebagaimana dahulu dilakukan oleh almarhum Pastor Van der Pol. Bantuan antara lain berupa pemberian bea siswa, pinjaman tanpa bunga untuk modal kerja, bantuan untuk orang sakit, orang meninggal. “Tidak jarang saya musti nombok dari kantong sendiri!”, tutur pria kelahiran 7 September 1958 ini.

Kini, setelah 9 tahun berjalan, yayasan Van der Pol makin maju. Dana yang dimiliki saat ini lebih dari 100 juta rupiah. Paulus Sundaru nampaknya tidak hanya pandai mengelola uang, namun lebih-lebih berhasil melestarikan kebaikan Pastor Van der Pol lewat yayasan yang dikelolanya.

Heri Kartono, OSC. (Dimuat di HIDUP, edisi 7 September 2008).

4 comments:

Diana Darmawan said...

Pak Sundaru,

Sy angkat topi untuk usaha dan pemikiran Bapak dlm mengembangkan yayasan Van der Pol, sehingga makin banyak warga tak mampu yang dapat ditolong. Sesuatu yg sudah langka dilakukan di jaman sekarang, dimana orang masih peduli pd org tak mampu di lingknya.

Selamat berkarya dan Tuhan memberkati!

Rgds,
Diana

kicauanburung said...

Buat Pak Sundaru...sukses ya buat yayasan Van der Polnya. Buat kanjeng romo ... sukses banget ya nulisnya.....ocre lha sekarang...=)

Lilian said...

Romo, apakah saya bisa memperoleh email atau hp Bp. Paulus Sundaru? Kalau bisa, tolong email saya di liliantoar@gmail.com. Terima kasih.

Lucas Nasution said...

Bersama beberapa tokoh Katolik paroki Ciledug, Sundaru kemudian membentuk Yayasan Sosial Van Der Pol. Tujuan yayasan ini adalah membantu orang-orang yang tak mampu, khususnya di wilayah paroki Ciledug-Cirebon

genial - saya kira gerakan seperti ini amat jarang kita buat...lihat saja perintah awal Pst Lim : untuk membagikan saja - ...tidak terlintas ide untuk dikembangkan menjadi modal...