Wednesday, October 29, 2008

Lourdes



TEMPAT ZIARAH UMAT KATOLIK

Lourdes semula adalah kampung kecil di sebuah kaki bukit, terletak di wilayah Pyrenees, barat daya Perancis. Luas kota ini 37 km2. Sejak terjadinya penampakan Maria kepada Bernadette Soubirous (1858) Lourdes menjadi salah satu tempat peziarahan utama bagi umat Katolik. Kini, dengan penduduk hanya 15.000, Lourdes mampu menampung 5 juta peziarah setiap musimnya. Dengan memiliki 270 hotel, Lourdes menjadi kota yang memiliki hotel terbanyak kedua sesudah Paris. Tahun 2008 ini, saat merayakan 150 tahun penampakan Bunda Maria, Lourdes kedatangan lebih banyak turis lagi dari pelbagai penjuru dunia.

Kota Lourdes berada pada ketinggian 420 m. Dari arah selatan, mengalir sungai Gave de Pau melewati kota ini. Salah satu anak sungai Gave de Pau melintasi pinggiran Grotto (Gua), tempat peziarahan.

Lourdes banyak dikunjungi peziarah terutama mulai bulan Maret hingga Oktober (saat cuaca tergolong nyaman, tidak terlalu dingin!). Mata air yang ada di Grotto dipercaya memiliki daya penyembuhan. Banyak orang datang karena mengharapkan suatu mujijat, terutama berkaitan dengan penyembuhan. Padahal, peziarahan pertama-tama bukanlah demi suatu mujijat.

Sejak Lourdes dinyatakan sebagai tempat peziarahan, hingga kini tempat ini telah didatangi sekitar 200 juta orang! Gereja Katolik sendiri yang cukup hati-hati dalam menyatakan adanya suatu mujijat, mengakui secara resmi bahwa telah terjadi 67 mujijat penyembuhan di Lourdes.

Sebagai kota yang didatangi begitu banyak pengunjung, Lourdes yang kecil ini penuh dengan pelbagai toko souvenir, khususnya yang berkaitan dengan benda-benda rohani. Tidak semua pengunjung suka adanya suasana komersialisasi ini. Untunglah di sekitar tempat ziarah, orang dilarang berjualan.

Di Lourdes, anda bisa berdoa atau berendam di sumber air dekat grotto. Namun, jangan lewatkan acara penting dan menarik yaitu prosesi lilin dan sakramen maha kudus. Oya, satu lagi informasi yang mungkin perlu diketahui. Di Lourdes ada banyak kelompok-kelompok sukarela yang siap membantu, khususnya orang sakit. Salah satu kelompok yang terkenal adalah Hospitalité Notre-Dame de Lourdes. Selamat berziarah!

Heri Kartono, OSC (ditulis untuk peserta ziarah RS. St. Boromeus Bandung).

1 comment:

Lucas Nasution said...

Sejak Lourdes dinyatakan sebagai tempat peziarahan, hingga kini tempat ini telah didatangi sekitar 200 juta orang! Gereja Katolik sendiri yang cukup hati-hati dalam menyatakan adanya suatu mujijat, mengakui secara resmi bahwa telah terjadi 67 mujijat penyembuhan di Lourdes.

ada 67/200.000.000 peluang anda mengalami mujizat...ini di Lourdes lho...kalau di kota lain ya mohon maklum. Kira saya, dunia yang sudah makin sempit ini mestinya membutuhkan paradigma baru lah - ziarah fisik [jalan kaki ke tempat2 yang jauh, nyekar dan ngalab berkah] sudah bukan zamannya lagi...jadi ingat cerita Yesus obrol dengan wanita dipinggir sumur di siang hari bolong - kata Yesus akan tiba waktunya orang menyembah tidak digunung2...tapi terutama dalam roh dan kebenaran...
ke Lourdes ? silakan saja - tapi bukankah Tuhan ada dimana-mana saja?