Friday, May 2, 2008

Sr. Rosalia PBHK.



SEANDAINYA BOLEH MEMILIH..

Suster Rosalia Kunmaryatin PBHK sepertinya dilahirkan untuk menjadi pemimpin, sekurangnya begitulah perjalanan hidupnya. Lebih dari 25 tahun ia menjadi Kepala Sekolah, baik di wilayah Grogol, Jakarta maupun di Tegal, Jawa Tengah. Sekolah yang dipimpinnya pada umumnya berkembang dengan amat baik. Rosalia juga pernah dipilih menjadi Provinsial di tarekatnya sampai tiga kali. Tiga kali terpilih sebagai Provinsial adalah bukti nyata bahwa kepemimpinannya benar-benar diakui.

Sejak tahun 2005 suster kelahiran Cilacap (07/06/39) ini dipilih sebagai anggota Dewan Jenderal PBHK. Untuk itu ia harus pindah ke Roma, di pusat konggregasinya. Sebagai anggota Dewan Jenderal, ia banyak berkeliling seperti ke Afrika Selatan, Belgia, Belanda, mengadakan visitasi bersama Pimpinan Umum. Visitasi adalah kunjungan resmi seorang pemimpin tarekat ke tempat dimana anggotanya tinggal dan berkarya. Tempat yang amat berkesan baginya adalah Sao Paolo, Brasil. “Waktu itu kami disambut oleh seluruh guru dan murid dari TK sampai SMU dengan acara yang meriah”, kenang Rosalia.

Dalam pertemuan kelompok Indonesia REHAT di Roma (26/04), seorang rekan menanyakan apakah Sr.Rosalia menikmati tugasnya sebagai pemimpin? Suster yang ramah ini menjawab: “Sejujurnya tidak. Saya rasa juga tidak sehat bahwa seseorang dalam jangka panjang duduk sebagai pemimpin. Selain itu, dalam usia seperti saya sekarang ini, bepergian keliling dunia terus-menerus sungguh melelahkan”, katanya. Sejurus kemudian, Rosalia menambahkan: “Seandainya boleh memilih, saya ingin kembali ke Indonesia dan melakukan pekerjaan yang sesuai dengan kondisi fisik saya!”.

Heri Kartono,OSC (Dimuat di Majalah HIDUP edisi 25/05/08).

10 comments:

Rosiany T.Chandra said...

Nah sekarang judulnya pas deh

Heri Kartono said...

Thanks ya.
HK.

FJ.Lestariana said...

pbhk? grogol??bunda hati kudus yah mo?? kok ak ga kenal yah.. hihihi ak kenalnya kok suster margaretha aja.. :(

Heri Kartono said...

Sr.Rosalia ini memang lama di sana tapi ya mungkin waktu Jessica belum lahir hehehe...
Jessica sekolah di sana juga?

FJ.Lestariana said...

ih romo kartono ngeledek d... iya lumayan lama lg.. dari tk c sampe 6 sd..

Heri Kartono said...

Jangan-jangan SD-nya nggak lulus, sampai nggak kenal Sr.Rosalia ini.
(Baru tahu kalau Jessica sekolah di sana. Kalau nggak salah Josua yang terkenal itu juga sekolah di sana?)

Juliani Kusmanto said...

bisa minta alamatnya atau emailnya Sr. Rosalia?

Heri Kartono said...

Ini alamat E-mailnya:
sr_rosalia@yahoo.com.sg
salam,
HK.

Juliani Kusmanto said...

Thank you Mo.
Sr. Rosalia bekas kepala sekolah saya waktu di SMA.

ritha said...

Terimakasih banyak atas email Suster Rosalia. Saya murid Suster Rosalia ketika di SMA BHK dulu. Saya mendengar kemarin ada berita tentang gempa besar di Roma, sy mencari alamat beliau karena tahu bahwa beliau sekarang bertugas di Roma. Sy berdoa semoga beliau dan semua rekan2 beliau berada dalam keadaan sehat walafiat tidak kekurangan suatu apapun.
Bp. Heri Kartono (atau Pst.Heri Kartono?)tinggal di Roma juga? Semoga Bpk dalam keadaan sehat sll juga. Sy doakan juga. Terimakasih sekali lagi. Jika Bpk bertemu Sr. Rosalia, mohon sampaikan salam saya pada beliau. Terimakasih banyak sebelumnya.