Monday, April 7, 2008

Jessica Belicia Cahyono.



MEMILIH GIGI TANGGAL

Teman-teman tentu pernah mengalami masalah dengan gigi. Demikian juga dengan teman kita ini, Jessica Belicia Cahyono. Beberapa kali giginya bergoyang. Ia biasanya memilih giginya tanggal sendiri daripada pergi ke dokter. “Kan lumayan bisa menghemat”, kata Jessica memberi alasan.

Di luar masalah gigi, kawan kita yang satu ini rajin mengikuti pelbagai kejuaraan. Meski umurnya baru 8 tahun namun piala hasil kejuaraan yang sudah ia kumpulkan lebih dari 80, tepatnya 82 piala! Hebat kan? Yang lebih mengagumkan, piala-piala tersebut berasal dari tiga bidang yang berbeda, yaitu menggambar, menyanyi dan matematika.

Jessica yang lahir di Canberra, Australia (19/11/99) memang patut bersyukur karena memiliki banyak bakat. Tahun ini Jessica keluar sebagai juara I menggambar tingkat SD se-Bandung Raya (Mei 2007). Waktu ia masih di TK, ia juga meraih juara I lomba mewarnai dengan mengalahkan sekitar 500 saingannya (Februari 2006). Piala yang ia kumpulkan selama mengikuti pelbagai kejuaraan menggambar dan mewarnai adalah sebanyak 70 buah.

Selain menggambar, gadis cilik yang tak pernah menunda tugas ini senang juga menyanyi. Hobinya yang satu ini sudah muncul sejak ia belum sekolah. Dimana saja ia berada, maunya menyanyi. Pada saat ada lomba menyanyi di Pasar Seni ITB (2006), Jessica mendaftarkan diri. Ternyata ia langsung keluar sebagai juara I. Tentu saja ia gembira sekali, apalagi pialanya bagus berbentuk Ganesha emas. Dari hobi menyanyi ini, Jessica sudah mengumpulkan 10 piala hasil mengikuti kejuaraan di berbagai kesempatan. Untuk lebih mengasah bakatnya di bidang tarik suara, Jessica berlatih di bawah bimbingan Christopher Abimanyu yang terkenal itu.

Teman-teman, ternyata masih ada satu lagi bakat Jessica yang patut dibanggakan. Bakat ketiganya adalah matematika. Jessica memang senang menghitung, terutama yang berkaitan dengan ceritera. Kalau ada soal yang ada ceriteranya, pasti deh Jessica akan tenggelam menekuninya. Ketika ada Kompetisi Matematika tingkat SD se-Bandung, Jessica ikut mendaftarkan diri. Hasilnya, ia meraih juara II, padahal pesertanya banyak lho! Dari kemampuannya di bidang matematika, Jessica baru mengumpulkan 2 piala.

Jessica memang hebat, memiliki banyak bakat. Meskipun demikian, teman kita ini tidak sombong lho! Salah satu sifatnya justru suka mengalah. Baik terhadap adik lelakinya di rumah maupun terhadap teman-teman di sekolahnya, Jessica hampir selalu mengalah. Kesediaannya untuk mengalah dan bersabar terhadap orang lain memang besar, mungkin karena terbiasa bersabar menunggu giginya tanggal….

Heri Kartono, OSC. (Dimuat di Rubrik Anak-anak Majalah HIDUP, No..../2007; Foto: kiriman Paulus Cahyono).

2 comments:

alan said...

Salutttt dech buat Jeje...Lanjutin trusss bakat-mu.

alan said...

Jangan pernah menyerah tuk tingkatkan prestasi km!